Rabu, 16 November 2011

Sumber Daya Alam (Tugas 1 softskill)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan p-Nyalah makalah ini kami selesaikan tepat pada waktunya. Ada pun makalah ini kami susun, untuk dapat memenuhi tugas I mata kuliah Pendidikan Lingkungan. Makalah ini kami beri judul “Azas Pengetahuan Sumber Daya Alam, Sistem Ekologi, dan Populasi”. Kami berharap dengan disusunnya makalah ini dapat membantu masyarakat mengetahui pengertian pengetahuan sumber daya alam, sistem ekologi, dan populasi. Kami menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna, karena itu kritik dan saran yang membangun kami harap kan. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Edi Minaji Pribadi selaku dosen "Pengantar Lingkungan" yang telah membimbing kami, sera pihak yang telah membantu kami dalam menyeleesaikan makalah. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

Bab 1
PENDAHULUAN

Pengertian Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik).
pada dasarnya Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam, namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan tersebut.
Semua kekayaan yang ada di bumi ini, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati, sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas.

Bab 2
PEMBAHASAN


Materi dapat dilihat dengan cara membuka link dibawah ini :





Sumber Daya Alam adalah segala yang ada di alam yang dipergunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada 3 kata kunci di sana, yakni:
  1. segala yang ada di alam
  2. dipergunakan manusia
  3. untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia
Jenis sumber daya alam, pembagiannya bisa bermacam-macam, antara lain:




Jenis sumber daya alam, pembagiannya bisa bermacam-macam, antara lain:
  1. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA hayati (biotik/hidup) dan SDA non hayati (abiotik/tak hidup).

    a. SDA hayati = SDA yang berasal dari makhluk hidup. contoh: perikanan, perkebunan, pertanian, peternakan.

    b. SDA non-hayati = SDA yang berasal dari makhluk tak hidup. contoh: barang tambang, bahan galian, air, tanah.
  2. Ada yang membagi SDA menjadi: SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.

    a. SDA yang dapat diperbaharui = SDA yang dapat digunakan secara terus menerus dan tidak habis, misal: air, tanah, udara, tumbuhan, dan hewan.

    b. SDA yang tidak dapat diperbaharui = SDA yang jika digunakan terus-menerus akan bisa habis, karena jumlahnya yang terbatas di bumi, misal: barang tambang dan bahan galian. Barang tambang, contoh: minyak bumi, gas alam, batu bara. Bahan galian, contoh: emas, timah, besi, perak, dan lain-lain.
  3. Ada yang membagi SDA menjadi 3 jenis, yakni:

    a. hasil tambang: minyak bumi, batu bara, tembaga, perak, emas, yodium, marmer

    b. hasil pertanian dan perkebunan: padi, jagung, karet, kapas, tembakau, kopi

    c. hasil peternakan dan perikanan: sapi, kerbau, kambing, unggas, ikan
Contoh-contoh Manfaat SDA
  1. Air
    Manfaat air bersih: untuk mandi, mencuci, minum, dan lain sebagainya. Tidak ada air bersih, gimana tuh rasanya??? pasti pusing (pengalaman pribadi saya sendiri saat pipa air PDAM rumah bermasalah)
  2. Manfaat Tumbuhan

    a. bahan makanan, misal: padi, jagung, gandum, tebu

    b. bahan bangunan, misal: kayu jati, kayu mahoni

    c. bahan obat: jahe, daun binahong, mahkota dewa, kina.

    d. bahan dekorasi: pohon pisang, daun kelapa muda (janur), melati, mawar, sedap malam

    e. pupuk kompos

    f. bahan bakar (bio solar): buah kelapa, kelapa sawit

    g. bahan bakar pengganti bensin: buah belimbing (setelah melalui proses penyulingan)
  3. Manfaat Hewan

    a. dimanfaatkan tenaganya: kuda, keledai, anjing, sapi, kerbau, gajah, unta

    b. dimanfaatkan dagingnya: sapi, ayam, kambing

    c. dimanfaatkan susunya: sapi perah, kuda, kambing

    d. dimanfaatkan telurnya: ayam, burung puyuh, bebek, angsa

    e. dimanfaatkan hiburan/piaraan: kucing, anjing, kelinci, hamster
  4. Manfaat Minyak bumi: untuk membuat aspal, oli, lilin, vaselin (bahan obat), bensin, solar, minyak tanah, plastik, bahan bakar kompor gas.
  5. Manfaat batubara: untuk bahan bakar industri dan rumah tangga
  6. Emas, perak, permata untuk barang perhiasan
  7. Aluminium sebagai bahan pembuatan badan pesawat, atau untuk peralatan rumah tangga.


VIDEO





Bab 3
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran


Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan suhu panas, selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.Oleh karena itu kita harus bisa memanfaatkan SDA dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan,jangan terlalu berlebihan.Karena kelak anak cucu kita pasti memerlukan SDA untuk kelangsungan hidupnya.
 

REFERENSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar